TLBU

tlbu-2.jpgTransnational Law Business University (TLBU) ya itulah rumah gw untuk kira-kira dua tahun kedepan. TLBU itu terletak di Pinggiran kota Seoul,,,yah bisa dibilang minggir banget šŸ™‚ diperlukan 1 jam perjalanan naik bus untuk sampai ke Seoul yah kira-kira Depok-sudirman lah..tapi sebenernya mungkin agak lebih jauh.. karena disini gak ada macet dan jalannya lurus terus.

Disini ada yang merasa sangat senang karena nih kampus letaknya diatas bukit, pemandangan indah, udara segar, dll. contoh orang jenis ini yaitu si Wili, nih orang bisa ga kangen ma rumahnya di jakarta, GILA. (tapi gw sih masih gak percaya juga šŸ™‚ ) Disisi lain ada juga yang merasa jengah karena akses kendaraan/bus baru bisa dicapai setelah berjalan setengah jam dan merasa tertipu karena waktu dia daftar katanya letak nih kampus di Seoul, dia gak nyangka kalo nih kampus ada di pingirannya pinggir seoul. contoh manusia ini adalah won san woo. Pemuda Jepang-Korea urakan ini merasa tertipu waktu pertama kali dia tau nih kampus jauh dari kota.. dia bilang: “I’ve got cheated, man” hahaha..ini katanya lagi karena dia udah terbiasa hidup di kota besar macam Osaka ataupun Tokyo.

Ini kampus sebenernya baru dan menerima mahasiswa tahun 2000 bandingkan dengan FHUI yang udah berdiri dari 1928. Jadi bisa dibilang ini kampus masih seumur jagung. bener-bener seumur jagung šŸ™‚

Eits, jangan underestimate dulu, walau nih kampus baru berdiri tahun 2000 bukan berarti dia cere. nih kampus ternyata dah bikin kampus baru di Amerika and Perancis… walaupun masih dalam tahap pembangunan tapi nih proyek dalam 2-3 tahun dah bakalan jadi dan siap nampung pelajar lagi. yah tapi sih gw juga gak percaya juga bisa berjalan dengan baik šŸ™‚ ada sesuatu yg tidak lazim di kampus ini.
Tapi ada sesuatu yang menarik sebenernya dari kampus ini. bukan bangunannya yang pasti. Di kampus ini ga ada mahasiswa yang bayar kuliah alias gratis semua. Iya, setelah gw pikir2 ini kampus emang gila. dia berani pungut anak orang dari kawasan asia untuk di didik disini dengan syarat setelah selesai dia harus belik kenegaranya… iya, HARUS PULANG KE NEGARANYA. Aneh ada juga kalo dia mau ngajarin orang dengan gratis dia harus kerja disitu atau semacamnya lah.

Iya disini satu angkatan berkisar 30-40 orang..angkatan gw mungkin yang paling banyak: 40 orang. Cina mendominasi, sedangkan Indonesia, negara kita, cuma diwakili oleh 3 orang: Gw, Andre, dan Uke. oiy, plus Wili senior gw. sekarang mahasiswa yang ada disini sekitar 70 orang semuanya ditanggung kuliah, makan, ama asramanya. oiy, plus study field ke China ma ke Eropa. katanya, si yang punya kampus (presiden,begitu kita biasa bilangnya) ngabisin duit $500.000 dari kantong pribadinya tuk ngempanin mahasiswanya disini, tapi inget: katanya loh y.. siapa yg tahu?
kali ini sampe sini dulu ceritanya…disambung lain kali

Leave a comment